About

Disebut Hansip oleh Rizieq, Kapolda Metro: Rizieq Paling Baik Akhlaknya dan Paling Pintar Otaknya

Kapolda Metro Jaya M. Iriawan menyebut FPI sebagai ormas intoleran dan akan ditindak jika terbukti melanggar hukum. (Foto: Safir Makki/CNN Indonesia)
Kapolda Metro Jaya M. Iriawan menyebut FPI sebagai ormas intoleran dan akan ditindak jika terbukti melanggar hukum. (Foto: Safir Makki/CNN Indonesia)

OrbitBerita - Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan menyindir Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab atas ujaran Rizieq yang menyebut Iriawan “Jenderal berotak hansip”.

“Ya, kalau saya sih ketawa saja. Saudara Rizieq bilang gitu karena Rizieq berakhlak paling baik, dan otaknya paling pintar se-Indonesia,” kata Iriawan sambil terkekeh-kekeh di RS Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (17/1/2017).

Iriawan menyatakan, ia tak tersinggung ataupun kesal atas ucapan Rizieq. Dia tak menanggapi serius ucapan tersebut.

“Saya ketawa aja, orang yang ngomong Rizieq,” katanya.

Namun, ia meminta Rizieq menanggung amarah para petugas hansip yang tersinggung atas ucapan ini. Rizieq pun harus bertanggung jawab atas ucapannya yang dinilainya telah menyinggung Hansip tersebut.

“Saya khawatir ada yang tersinggung. Rizieq bilang kalau hansip nggak ada otaknya nanti kemana-mana dilaporkan. Makanya jangan bicara sembarangan habib itu, mulutmu harimaumu. Itu pesan saya kepada Rizieq,” tutur Iriawan.
Salah satu petugas hansip yang sudah resmi melaporkan permasalahan ini adalah Eddy Soetono (62).

Dalam laporan bernomor LP/193/I/2017/PMJ/Ditreskrimsus, Edy melaporkan Rizieq atas dugaan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dalam laporannya itu, Edy mempersoalkan ceramah Rizieq yang dilihatnya di YouTube pada tanggal 12 Januari 2017 sekitar pukul 21.00 WIB. Dalam ceramah tersebut, Edy mengatakan bahwa Rizieq telah menebar kebencian berdasarkan SARA.

Iriawan memastikan, laporan Eddy dan pihak mana pun akan diselidiki polisi.
“Orang laporan ya ditindaklanjuti-lah. Saya khawatir banyak yang tersinggung,” kata Iriawan.

Rizieq dilaporkan atas ceramahnya yang menyebut Kapolda mengancam akan mendorong Gubernur Bank Indonesia untuk melaporkan Rizieq.
“Di Jakarta Kapolda menodong akan mendorong Gubernur Bank Indonesia untuk melaporkan Habib Rizieq, pangkat jenderal otak Hansip. Sejak kapan jenderal bela palu arit,” demikian isi ceramah Rizieq yang kemudian dilaporkan oleh Edy itu.

Nibras Nada Nailufar/Kompas

0 Response to "Disebut Hansip oleh Rizieq, Kapolda Metro: Rizieq Paling Baik Akhlaknya dan Paling Pintar Otaknya"

Posting Komentar