About

Ini Penjelasan Ahok soal Jernihnya Kali di Glodok



Ambiguistik.com ~ Aliran anak Sungai Ciliwung di belakang Gedung Lindeteves Trade Center (LTC), Glodok, Jakarta Barat kini terpantau bersih.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, jernihnya kali di Glodok karena adanya pengaturan pembuangan air kiriman yang datang dari hulu.

Ia mengatakan, jika dulunya air dari hulu hanya dialirkan ke Kanal Banjir Barat melalui Pintu Air Manggarai, maka kini airnya dibagi juga ke anak Ciliwung yang dialirkan melalui Pintu Air depan Masjid Istiqlal.

"Kita mulai buka pintu CIliwung Lama, jadi airnya enggak cuma lari ke Pintu Manggarai. Sebagian air larinya ke Istiqlal. Dari Istiqlal dibagi ke Gunung Sahari dan Gajah Mada," kata pria yang dikenal dengan nama Ahok ini di Balai Kota, Rabu

(18/5/2016).

Menurut Ahok, adanya pasokan air dibarengi dengan pengerukan kali itulah yang menjadikan air kali jernih. Ia menyampaikan, sudah cukup banyak sampah yang dikeruk dari lokasi tersebut.

"Sepanjang pintu Gajah Mada jadi kayak saringan air. Jadi dia sempat mengendap. Kalau enggak musim hujan, masuk ke Pinangsia pasti bening," ujar Ahok.

Ia pun menargetkan kondisi serupa bisa terjadi di aliran-aliran sungai lainnya. "Kalau bening orang jadi bisa main air. Kita pakai sirkulasi kolam renang di situ," kata Ahok.

Asisten Koordinator UPK Badan Air Kecamatan Taman Sari Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, Nur Hidayat, menuturkan, diperlukan waktu 3-4 tahun untuk menjadikan anak Sungai Ciliwung di Glodok jernih seperti sekarang.

Sebelum air sungai sejernih sekarang, kata dia, kondisi anak sungai itu sangat kotor, berwarna hitam, bahkan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Sampah-sampah, seperti kasur, plastik, hingga peralatan elektronik, pernah ditemukan di bantaran sungai tersebut.

"Pertama, kami sisir dulu sampah, lalu merapikan pinggiran bantaran secara manual. Setiap hari dikerjakan," ujar Hidayat, Selasa (17/5/2016).

Sumber: Kompas.com

0 Response to "Ini Penjelasan Ahok soal Jernihnya Kali di Glodok"

Posting Komentar