About

Heboh Pernyataan Yusril Terkait Kasus Dahlan Iskan



Kejaksaan Tinggi Jawa Timur telah menetapkan Dahlan Iskan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pelepasan 33 aset PT Panca Wira Usaha (PWU), berupa tanah dan bangunan milik BUMD Provinsi Jawa Timur. Kuasa hukum Dahlan Iskan, Yusril Ihza Mahendra mengatakan, PT PWU tak mengalami kerugian akibat penjualan aset tersebut.

Justru, kata Yusril, PT PWU sangat diuntungkan. Hal ini diungkapkannya saat membeberkan kronologis kasus dan penjualan aset PT PWNU di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Minggu (4/12).

"Dengan penjualan dua aset di Tulung Agung dan Kediri, maka tanah bolong-bolong di Surabaya dapat dibebaskan seluruhnya. Sehingga tanah itu punya nilai ekonomis sangat tinggi. Secara faktual sangat menguntungkan. Jadi enggak ada rugi apa-apa. Bisnis saja. Perusahaan sangat diuntungkan," kata Yusril.

Yusril menjelaskan, pada awal tahun 2000, Dahlan Iskan diminta Gubernur Jatim saat itu menjadi Direktur BUMD Panca Wira Usaha. Saat itu, Dahlan Iskan menyanggupinya asalkan status perusahaan jadi perseroan terbatas.

"Kemudian diubah jadi PT dan Pak Dahlan jadi dirut. Beliau sendiri mengatakan bersedia jadi direktur tanpa menerima gaji apapun, Pak Dahlan karena banyak perusahaan-perusahaan beliau, untuk PWU ini gratis tanpa digaji, karena niatnya untuk membenahi perusahaan daerah supaya maju," katanya.

Menurutnya, dalam penyidikan maupun surat dakwaan yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum, Dahlan Iskan didakwa melakukan tindak pidana korupsi dalam penjualan dua aset PWU di Tulung Agung dan Kediri.

"Memang aset PT PWU banyak sekali, aset-aset nganggur berupa tanah, antara lain di Tulung Agung dan Kediri," katanya.

Yusril mengatakan, Dahlan Iskan saat itu membentuk tim untuk menilai aset-aset tersebut. Menurutnya, aset-aset dijual dengan maksud setelah terjual uangnya dibelikan aset lagi dalam bentuk tanah.

"Sebelumnya ada juga aset PWU di Karang Tilang Surabaya, tapi tidak bisa dimanfaatkan karena bolong-bolong, masih banyak milik orang lain belum dibebaskan," katanya.

"Dengan penjualan dua aset di Tulung Agung dan Kediri, maka tanah bolong-bolong di Surabaya dapat dibebaskan seluruhnya, sehingga tanah itu punya nilai ekonomis sangat tinggi. Secara faktual sangat menguntungkan. Jadi enggak ada rugi apa-apa. Bisnis saja. Perusahaan sangat diuntungkan," katanya.
merdeka

0 Response to "Heboh Pernyataan Yusril Terkait Kasus Dahlan Iskan"

Posting Komentar