About

Jokowi Gelar Pertemuan dengan MUI, NU, dan Muhammadiyah


Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj (kanan) menjawab sejumlah pertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta, Rabu (24/12). (Antara/Widodo S.Jusuf)


Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pertemuan berlangsung pukul 10.30 WIB di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (1/11).

“Ya benar, PBNU diundang Bapak Presiden Jokowi. ketum (Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj) akan hadir ” kata Wakil Sekretaris Jenderal PBNU, Masduki Baidlowi.

Dia belum mengetahui persis topik pertemuan. “Kira-kira kaitannya dengan demo 4 November nanti. Nanti kami akan beri masukan,” ujarnya.

Seperti diketahui, aksi unjuk rasa bakal digelar sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) terkait dengan dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan,"Demonstrasi adalah hak demokratis warga, tetapi bukan hak memaksakan kehendak dan bukan hak untuk merusak."

Presiden menyatakan, pihak keamanan telah disiapkan untuk bersiaga. “Aparat keamanan sudah saya minta bersiaga dan melakukan tugas secara profesional jika ada tindakan anarkis oleh siapa pun,” tegasnya.

Sedangkan, Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto berharap demonstrasi berlangsung kondusif.

“Saya selalu berharap suasana baik, sejuk,” kata Prabowo kepada wartawan di rumahnya, Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat, Senin (31/10), seusai menerima kunjungan Presiden Jokowi.

Prabowo berharap tidak ada pihak yang ingin memecah bangsa. “Kita jaga jangan sampai ada unsur-unsur yang mau memecah belah bangsa. Kita negara majemuk, banyak suku, banyak agama, banyak ras. Kalau ada masukan, kalau ada masalah, mari kita selesaikan sejuk, damai. Di ruangan boleh kita saling menegur, itu harapan saya sebagai anak bangsa," katanya.


Suara Pembaruan

0 Response to "Jokowi Gelar Pertemuan dengan MUI, NU, dan Muhammadiyah"

Posting Komentar