About

Megahnya Rumah SBY dari Negara Berfasilitas Lift, Disebut Sangat Tak Etis Oleh Pengamat Ini...!!



Ambiguistik.com - Mantan Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dinilai tidak etis dikasih rumah baru oleh negara. Rumah baru tersebut terletak di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

"SBY sudah kaya, dan sudah punya rumah, hidup pun sudah lumayan, untuk apa lagi dapat uang dari negara. lebih baik itu (rumah) dikembalikan saja," kata Pengamat Anggaran Politik dan Direktur Center For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (29/10).

Menurut Uchok, jika SBY mau mengembalikan rumah tersebut, maka ini akan dapat meperbaiki citra beliau, dan masyarakat akan mengapresiasi kejiwa negarawananan beliau, sebagai mantan presiden RI.

"Tapi kalau pun SBY terima, itu hak dia. Tapi bisa menjadi bumerang buat citra dia. Nanti diketawai oleh masyarakat, SBY sudah kaya masih suka rumah kayak gitu, citranya akan buruk," tambahnya.


Uchok juga menilai, keputusan pemerintah memberikan rumah ke SBY tidak tepat di tengah rendahnya pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan pemangkasan anggaran kementerian.

"Lebih baik uang tersebut diberikan kepada sektor lain yang lebih membutuhkan," katanya.

Senada dengan itu, Direktur Lingkar Madani Ray Rangkuti mengatakan SBY tak perlu menerima rumah tersebut. "SBY sudah punya rumah di Cikeas. Perlu dipertimbangkan apakah rumah tersebut berguna bagi SBY atau tidak," kata Ray.


Kepala Humas Kementerian Sekertariat Negara (Setneg) Masrokhan, dikutip dari Detikcom, mengatakan rumah yang diberikan Setneg ke SBY terletak di Jalan Mega Kuningan Timur VII, Kuningan, Jakarta Selatan.

Rumah tersebut telah diserakan ke SBY pada Rabu (26/10). Masrokhan menerangkan, rumah tersebut dibangun setahun yang lalu. Pemilihan rumah dilakukan oleh negara.

"Negara mencari lahan yang pas," kata Masrokhan.





disediakan sebuah lift, kemungkinan untuk mempermudah akses penghuninya ketika di dalam rumah.

Menurutnya, pemberian rumah tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 7/1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden pada pasal 8.

Selain itu, ada pula Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pengadaan dan Standar Rumah bagi Mantan Presiden dan atau Mantan Wakil Presiden, yang ditandatangani SBY sendiri.

Detikcom pada Sabtu (29/10) menyambangi rumah tersebut. Rumahnya berlantai dua dengan nuansa kayu kental yang terlihat di bagian depan rumah. Warna coklat tua, krem dan hitam mendominasi warna di bagian depan rumah tersebut. 

Dipinggir jalan diluar pagar besi berwarna hitam depan rumah tersebut tumbuh pohon mangga.

Sebuah tiang bendera beserta bendera merah putih dikibarkan di depan rumah tersebut. Rumput-rumput tertata rapi di depan rumah tersebut.

Sekilas rumah tersebut sudah rapi. Tinggal sentuhan sedikit di bagian dalam. Dua pekerja terlihat sedang mengecat tembok rumah.

0 Response to "Megahnya Rumah SBY dari Negara Berfasilitas Lift, Disebut Sangat Tak Etis Oleh Pengamat Ini...!!"

Posting Komentar