About

Penurunan Patung Budha di Tanjung Balai, Status FB Bante Karma Bikin Adem dan jadi Viral

Patung Buddha Amithaba Vihara Tri Ratna di Kota Tanjung Balai Sumatera Utara telah diturunkan. Pernyataan seorang bante menyentuh hati, Jumat (28/10/2016). (FACEBOOK)
Patung Buddha Amithaba Vihara Tri Ratna di Kota Tanjung Balai Sumatera Utara telah diturunkan. Pernyataan seorang bante menyentuh hati, Jumat (28/10/2016).


Ambiguistik.com, Vihara Tri Ratna yang berlokasi di Kota Tanjung Balai di Jalan Asahan Tanjung Balai, Sumatera Utara, jadi pusat perhatian. 

Patung Buddha Amitabha dengan tinggi 6 meter yang diresmikan sejak tanggal 8 November 2009 telah diturunkan di Bulan Oktober 2016.

Seorang bhante, sapaan akrab bagi seorang biksu, menulis sebuah status di Facebook terkait hal ini.

“Beberapa umat Buddha bertanya kepada saya ketika melihat patung Buddha yg terletak di lantai atas sebuah wihara di kota tanjung balai, asahan, sumatera utara diturunkan: “Lama, kenapa rupang (arca/patung) di wihara diturunkan?” Saya jawab begini, ”tidak apa apa rupang Buddha turun, sing penting welas asihmu terhadap semua makhluk tidak ikut turun, semua makhluk hidup mendambakan kebahagiaan.” “Apabila dengan turunnya patung Buddha bisa memberikan kebahagiaan kepada orang lain, maka bukankah doa khas umat Buddha yaitu 'semoga semua makhluk hidup berbahagia menjadi kenyataan'?




Status tersebut menjadi viral karena menyentuh hati banyak orang.

Seperti dikutip dari situs online harianandalas.com, Wali Kota Tanjung Balai M Syahrial SH MH bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tanjung Balai, Ketua FKUB, Ketua MUI serta Ketua Yayasan Vihara Tri Ratna telah menyepakati untuk memindahkan Patung Budha Amitabha di lokasi yang telah ditentukan, Kamis (1/9/2016).

Sesuai surat pernyataan yang dibuat Pek Tjhong Li alias Akun, selaku Ketua Yayasan Vihara Tri Ratna Tanjung Balai mengatakan, demi terciptanya suasana kondusif dan hubungan harmonis di antara umat beragama di Kota Tanjung Balai.

“Karena itu, dengan ini kami (Yayasan Vihara Tri Ratna) menyatakan bersedia memindahkan posisi patung Buddha Amitabha ke tempat yang telah disepakati,“ kata Pek Tjhong.

Wali kota menyambut baik dengan telah terwujudnya kesepakatan bersama ini, guna memelihara kondusivitas dan kerukunan antarumat beragama di Kota Tanjung Balai.

“Semoga, hal ini bermanfaat bagi seluruh umat beragama dan saling menjaga kerukunan dan keharmonisan di tengah masyarakat kita,“ kata Wali Kota M Syahrial seperti dikutip dari situs tersebut.

Vihara Tri Ratna didirikan sejak tahun 2006 dengan luas bangunan 1.432 meter persegi yang terdiri dari 4 lantai. Di atas lantai 4 vihara tersebut didirikan Patung Buddha yang merupakan satu kesatuan dengan Vihara Tri Ratna.



artikel asli

0 Response to "Penurunan Patung Budha di Tanjung Balai, Status FB Bante Karma Bikin Adem dan jadi Viral"

Posting Komentar