About

Ketua BPK, Panama Papers dan X-Men



Pada kesempatan kali ini saya ingin menuliskan lanjutan dari artikel yang berjudul Ketidak-sinkronan dalam film X-Men. Dalam artikel tersebut sudah saya tuliskan beberapa kerancuan dalam serial film X-Men dan kali ini saya akan tuliskan kerancuan yang lainnya.

Sedikit informasi, saya tertarik untuk menuliskan artikel ini disebabkan karena terinspirasi oleh Pak Ketua BPK yang memiliki offshore di luar negeri sejak tahun 2010. Alasan beliau karena diminta oleh anaknya yang saat itu baru saja menikah dengan warga chile untuk mendirikan perusahaaan tersebut. Padahal ternyata anaknya menikah tahun 2014. Sedangkan perusahaan tersebut didirikan padatahun 2010. Hehehe. Rancu bukan? Emang.

Oke soal Pak Ketua BPK akan kita bahas lagi nanti di akhir artikel. Untuk saat ini kita bahas dulu tentang X-Men.
Kerancuan Tentang Kelumpuhan Charles Xavier
Charles Xavier a.k.a. Profesor X merupakan tokoh dalam film X-Men yang digambarkan mengalami kelumpuhan pada kaki. Beliau mengalami kelumpuhan karena terkena peluru nyasar di bagian tulang belakang. Hal tersebut menyebabkan kerusakan syaraf yang menghubungkan otak dengan kaki. Sehingga beliau tidak bisa merasakan kakinya (mati rasa) dan otomatis tidak bisa menggerakkan kakinya. Kejadian tersebut terjadi pada tahun 1962 atau berdekatan dengan terjadinya perang misil di perairan Kuba antara Uni Soviet dan USA. Scene tentang kronologi terjadinya kelumpuhan kaki Charles Xavier bisa kita lihat pada film X-Men : First Class, menit 115 hingga 120.

Yang menjadikan tidak sinkron adalah ada beberapa scene di film lain yang menggambarkan bahwa Charles Xavier bisa berjalan.

Adegan di awal film X-Men : The Last Stand saat Charles Xavier dan Eric Lensherr menemui Jean Grey. Saat itu tergambar jelas bahwa Charles Xavier keluar dari mobil dan dapat berjalan normal tanpa bantuan kursi roda. Adegan tersebut diceritakan terjadi sekitar tahun 1986 atau dengan kata lain terjadi 24 tahun setelah kelumpuhan.

Adegan di film X-Men Origins : Wolverine saat Charles Xavier menolong mutan – mutan yang ditawan oleh William Stryker untuk kabur dari pulau. Adegan ini terjadi sekitar tahun 1979 atau 17 tahun setelah terjadi kelumpuhan. Saat itu terlihat jelas bahwa Charles Xavier bisa berjalan menuruni tangga helikopter tanpa kursi roda. Scene ini bisa kita lihat di film X-Men Origins : Wolverine menit 96 hingga 97.

Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa, setelah kejadian pada tahun 1962, Charles Xavier bisa berjalan normal (selama waktu tertentu) dengan bantuan serum yang dibuat oleh Hank Mc Coy. Itu memang benar adanya. Dalam film X-Men : Days of Future Past, Charles Xavier memang mampu berjalan normal setelah menyuntikan serum ke dalam tubuhnya. Scene tersebut bisa kita lihat dalam film X-Men : Days of Future Past saat plot cerita mengambil setting tahun 1974 atau 12 tahun setelah terjadinya kelumpuhan.

Namun yang perlu dipahami adalah, saat Charles Xavier bisa berjalan dengan bantuan serum tersebut, seketika itu pula beliau kehilangan kekuatan telepatinya. Adapun kejadian dalam 2 scene yang terjadi pada tahun 1979 dan 1986, tergambar bahwa Charles Xavier bisa berjalan normal dan tetap bisa menggunakan kekuatan telepatinya.


Secara sederhana urutan kejadiannya yang terjadi di dalam film adalah sebagai berikut.

Pada tahun 1962, Charles terkena peluru nyasar sehingga menjadi lumpuh (X-Men : First Class).
Pada tahun 1973, Charles menyuntikan serum ke dalam tubuhnya sehingga bisa berjalan dalam waktu tertentu tetapi ketika bisa berjalan dia kehilangan kekuatan telepatinya (X-Men : Days of Future Past).
Pada tahun 1979, Charles menolong mutan – mutan yang kabur dari pulau. Dia bisa berjalan sekaligus bisa menggunakan kekuatan telepatinya (X-Men Origins : Wolverine).
Pada tahun 1986, Charles dan Eric menemui Jean Grey. Dia bisa berjalan dan bisa menggunakan kekuatan telepatinya (X-Men : The Last Stand).

Jadi kesimpulannya adalah terjadi kerancuan antara cerita saat adegan pada tahun 1962, 1973, 1979 dan 1986. Saat adegan saat tahun 1979 dan 1986 itu seharusnya Charles Xavier tidak bisa berjalan tetapi masih bisa menggunakan kekuatan telepatinya atau sebaliknya dia bisa jalan tetapi tidak bisa menggunakan kemampuan telepatinya. Hal ini agar ceritanya sinkron dan tidak rancu.

Mengenai masalah perusaahaan milik ketua BPK pandangan saya sebagai berikut.
Jika anda pernah nonton film X-Men : Days of Future Past, dalam film tersebut ada tokoh yang mempunyai kemampuan untuk mengirim seseorang ke masa lalu. Dia adalah Kitty Pride. Tokoh ini diperankan oleh Ellen Page. Saat itu dia mampu mengirim Logan (Wolverine) ke masa sekitar 50 tahun sebelumnya, yakni ke masa di tahun 1973. Logan mengemban misi penting untuk mengubah sejarah di masa lalu sehingga akan berdampak lebih baik di masa sekarang.

Bisa jadi pada tahun 2014 setelah pernikahan anaknya, pak Ketua BPK mungkin sempat ketemu dengan Ellen Page di suatu tempat. Entah itu di AS atau di Chile. Pada kesempatan tersebut mungkin beliau meminta kepada Ellen Page untuk mengirimnya ke tahun 2010 untuk memenuhi permintaan anaknya mendirikan perusahaan offshore. Tak perlu heran jika permintaan tersebut terkabul. Jika mengirim Logan ke masa 50 tahun sebelumnya saja bisa , apa lagi hanya ke masa 4 tahun sebelumnya? Tentu saja bisa donk.

Nah karena itu jika ada pertanyaan bagaimana bisa Ketua BPK mendirikan perusahaan offshore di tahun 2010 padahal anaknya menikah pada tahun 2014? Itu semua berkat bantuan Mbak Ellen Page.

Kira – kira seperti itu.

referensi : http://xmenmovies.wikia.com/wiki/Timeline
sumber: seword

0 Response to "Ketua BPK, Panama Papers dan X-Men"

Posting Komentar