About

Rencana Ahok Ingin Gratiskan Ongkos Transjakarta





Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah membahas sejumlah kebijakan untuk menggratiskan biaya transportasi massal armada Transjakarta kepada seluruh penumpangnya.

"Gagasan tersebut merupakan keinginan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa disapa Ahok agar ongkos Transjakarta bisa digratiskan untuk semua trayeknya," kata Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta Andri Yansyah di Bekasi, Senin (25/04/2016).
Menurut dia, salah satu kebijakan yang tengah dibahas adalah penggratisan ongkos Transjakarta bagi penumpang yang berstatus sebagai nasabah di Bank DKI. 


"Warga DKI dan Bodetabek yang memiliki jaringan trayek Transjakarta bisa digratiskan ongkosnya kalau memiliki bukti rekening di Bank DKI. Pak Gubernur tantang saya, semua bus yang dioperasionalkan oleh DKI bisa digratiskan. Ini salah satu wujud komitmen pemerintah lakukan tugas dan pokok fungsinya melayani masyarakat," ucapnya.


Menurutnya, gagasan tersebut sesuatu yang pasti bisa diwujudkan pihaknya selama memperoleh dukungan dari sejumlah pihak terkait, seperti operator, pemerintah daerah Jabodetabek dan pemerintah pusat.
Pembebasan biaya Transjakarta bagi penumpang itu merupakan bagian dari strategi pihaknya dalam mengurai kemacetan di Jakarta dan sekitarnya dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.
Pihaknya mencatat, sampai saat ini peralihan kendaraan pribadi ke armada transportasi massal baru mencapai 13 persen dari total perjalanan warga Jabodetabek di Jakarta sebanyak 20 juta jiwa per hari.


"Jumlah peralihan kendaraan itu masih sangat sedikit dari target kami sebanyak 60 persen pengguna transportasi massal," katanya.
Dikatakan Andri, saat ini pemberlakuan tarif Transjakarta masih dipatok Rp3.500 per penumpang untuk seluruh trayeknya.
"Penumpang bisa keliling Jakarta sepuasnya dengan tarif Rp3.500 dengan adanya subsidi dari pemerintah berupa Public Service Obligation (PSO)," katanya.


Sementara itu Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan pihaknya saat ini masih menggodok sejumlah produk yang dapat meringankan ongkos transportasi massal Transjakarta.
"Kita lagi bahas. Ada beberapa produk yang sedang kita kembangkan," katanya.
Menurut dia, produk tersebut tengah dijajaki pihaknya bersama sejumlah pengusaha untuk berinvestasi di Transjakarta lewat penyediaan 'park and ride' maupun jalur bus.


"Sedang dijajaki, salah satunya dengan pengelola mal agar mereka siapkan lahan parkir agar warga mau berpindah dari kendaraan pribadinya ke angkutan umum massal," ucapnya.(rimanews)

0 Response to "Rencana Ahok Ingin Gratiskan Ongkos Transjakarta"

Posting Komentar